Rasulullah saw seorang uswah kita, ternyata beliau juga memiliki sifat humoris. Meskipun beliau ditugaskan oleh Allah swt untuk menyebarkan dakwah islam, namun tidak selamanya harus dengan kalimat yang serius. 

Itu tecermin ketika suatu waktu Nabi saw didatangi oleh seorang nenek tua seraya berkata: “Doakan aku kepada Allah swt agar memasukkan aku ke surga.”

Maka Nabi saw berkata padanya, “Wahai Ummu Fulan! Sesungguhnya surga itu tidak dimasuki orang yang sudah tua.”

Si nenek tersebut pun menangis tersedu-sedu, karena ia memahami apa adanya. Kemudian Rasulullah saw memberi pemahaman bahwa ketika dia masuk surga, tidak akan masuk surga sebagai orang yang sudah tua, tetapi semua berubah menjadi muda belia dan cantik. 

Beliau kemudian membacakan ayat yang berbunyi:
“Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (Bidadari-bidadari) dengan langsung. Dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan.” (QS. Al-Waaqi’ah: 35-36). 

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu pun menceritakan, para sahabat bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Wahai, Rasullullah! Apakah engkau juga bersendau gurau bersama kami?” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab dengan sabdanya, “Betul, hanya saja aku selalu berkata benar.” (HR. Imam Ahmad. Sanadnya Shahih)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SMS FREE

Pages

Powered By Blogger